ceo startup superman 30 customer

Curhat di 30 Customer Pertama

Dari customer ke 0 hingga ke 30, Kledo hanya terdiri dari tim development. Customer support, customer success, sales, marketing, social media manager, dan apapun itu diluar develop produk adalah job desc ku, sebagai CEO, Chief Everything Okee.

SysAdmin

Kemana-mana selalu membawa laptop, karena khawatir tiba-tiba server mati overload, atau ada bugs yang harus segera ditangani. Karena hanya aku yang pegang akses ke server live.

On Call

Sambil nungguin anak sekolah bola, handphone customer support selalu digenggaman. Siap on call kalau ada customer butuh bantuan, atau ada lead masuk.

Setiap saat dalam hati selalu berdoa semoga tidak ada yang kontak whatsapp-nya Kledo.

Layout

Rutin tiap beberapa hari: buat layout untuk posting di instagram, buat banner untuk blog, atur layout wordpress untuk kledo.com, buat brosur dengan canva, buat tagihan yang masih manual.

SQL

Jika ada calon customer yang akhirnya melakukan pembayaran, untuk aktivasinya aku perlu login ssh, query ke database di server live. Penuh dengan resiko, tentu saja pernah salah update semua data.

Demo

Jika ada lead yang ingin demo produk via zoom, aku selalu siap sedia. Aku jadwalkan demonya 1 minggu dari hari request demo, dengan harapan 1 minggu lagi calon customer nya udah lupa. Dan ternyata gagal, hampir tak ada calon customer yang membatalkan jadwal demo.

Dev

Dari sisi development, bagian backend core nya masih aku sendiri yang pegang. Bagian frontend sangat beruntung karena mempunyai tim yang super hebat, sehingga aku bisa pasrahhh. Untuk tester dan devops? Ya siapa lagi kalo bukan aku.

Kesehatanmu le!

Sering terlewat rutinitas olahraga pagi. Semakin sering tidur larut malam dan bangun subuh.

Gila!

Menyentuh angka customer ke 30, hidup terasa gila, super GILAA. Tampaknya sudah mulai perlu membangun tim diluar development. Demi kemaslahatan diri sendiri dan orang sekitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *