Produk Ke-2, GajiHub!

Meluncurkan produk ke dua selalu lebih berat. Jika dulu membuat versi awal Kledo hanya dalam 3 bulan, kali ini di produk ke-2, kami terhuyung-huyung hingga 7 bulan baru berhasil di launching versi awalnya.

Awal Mula

Sejak tahun lalu, kami merencanakan untuk mendevelop produk ke-2, dipilihlah nama GajiHub. Ini software untuk pengelolaan Payroll dan Human Resource. GajiHub sengaja dibuat terpisah dari Kledo, tidak menjadi module didalam Kledo, supaya bisa dijual secara lebih independen, yang tidak membutuhkan akuntansi, tapi butuh payroll system, bisa membeli Kledo, dan sebaliknya.

GajiHub dirancang menjadi satu dengan repository script nya Kledo, harapannya supaya integrasi nya jauh lebih mudah. Dan ternyata memang benar, mudah mengintegrasikannya, tapi kerepotan yang ditimbulkannya juga ga sedikit. Mulai dari errornya saling sambung menyambung antara kledo dan gajihub, dan juga beberapa data yang jadi rancu, apps mana menggunakan data yang mana. Serba ruwet deh.

Cerita develop

Seperti biasa, awalnya banyak amir fitur yang mau dibangun, tiap bulan berjalan, makin banyak fitur yang dieliminasi. Berusaha se-simple mungkin, dan ternyata yang dirasa simpel bulan kemarin, bulan ini terasa kompleks. Jadi salah satu prestasi kami ya menghilangkan fitur-fitur itu 🙂

Ada beberapa hal tak terduga yang membuat molor. Yang pasti masalah integrasi dengan Kledo sendiri, ternyata banyak sekali yang perlu diutak-atik. Jika bisa diulang, pasti kami pertimbangkan untuk develop GajiHub dengan repository terpisah dari Kledo, supaya tidak banyak interferensi.

Masalah Prioritas

Dengan sudah adanya produk Kledo, yang sudah jalan, banyak pengguna serta mendatangkan cuan, tentunya produk baru menjadi prioritas ke-2 juga. Developer fokusnya tetep untuk memenuhi request fitur dan bugfix di kledo. Akhirnya sekian bulan pertama GajiHub serasa jalan ditempat.

Rekrut Developer Baru

Kalau masih nyampur-nyampur, ga akan kelar. Jadinya diputuskan untuk cari SDM baru, hampir semua resource adalah orang-orang baru, yang memang tidak punya tanggungan di produk lama. Mereka tidak perlu memikirkan skala prioritas, karena targetnya jelas, cuman satu, ya cuma gajihub ini.

Setelah perekrutan bertahap, mulai kerasa GajiHub berprogress, dan sekian bulan setelahnya berhasil juga di release.

MVP & MSP

Launching versi gratis ini sebenernya belum jualable, masih MVP (Minimum Viable Product) belum MSP (Minimum Sellable Product). Jadinya sebulanan ini setelah dilaunching, kami belum bisa memvalidasi lebih lanjut, karena belum bisa meminta customer untuk membayar. Sama juga boong kan?

Next

Nhah next nya ini kami ngejar untuk bisa launching versi MSP nya, biar segera bisa menjual. Pengen juga segera bisa posting 10 pelanggan pertama, seperti yang disini nih 😀 . Next month, doakan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.