Perjalanan Kledo Menuju 1.500 Perusahaan

Cek ricek statistik, baru sadar Kledo telah melewati angka 1.500 perusahaan aktif. Saat yang tepat merefleksi yang sudah dilakukan periode kemarin, dan perlu dilakukan kedepannya. * Sambil nungguin anak turnamen bola *

Jika 500 sampai 1.000 terasa lamaaaa, ternyata perjalanan dari 1.000 ke 1.500 jauh lebih cepat. Compound is real gaess!! Semakin kesini bola menggelinding semakin cepat. Jika ibarat lari marathon, istilahnya negatif split, semakin lama, semakin capek, tapi malah semakin cepat, wuzz!!

Sebelum melanjutkan, bagi yang belum membaca perjalanan dari 0 customer, cek disini

Sudah sangat terlatih dan “menikmati” kerja dari parkiran 😀

Apa saja yang kami lakukan hingga ke angka 1.500 customer?

  1. Sikat Masalah Teknis
  2. Solidkan Tim Reaksi Cepat
  3. Tambah Tim Superstar Sales
  4. Perkuat Tim Customer Success
  5. Channel Baru Sumber Lead

1. Sikat Masalah Teknis

Beberapa bulan setelah 1.000 customer, sangat-sangat disibukkan dengan technical debt. Semakin banyaknya perusahaan berukuran jumbo, dan kombinasi semakin banyaknya customer membuat beberapa kekurangan teknis ter-expose. Mulai banyak perusahaan yang berukuran besar dan mempunyai transaksi ribuan perhari, pencatatan akuntansi yang kompleks, dan alur bisnis yang ga kaleng-kaleng.

Beberapa masalah teknis yang kadang terjadi:

  • ada keterlambatan pemrosesan data, sehingga kurang terasa realtime
  • terjadi outage server
  • terjadi overload server saat pengakses melonjak / lambat diakses
  • terjadi ketidak-akuratan data

Hal diatas yang meneguhkan komitmenku beberapa bulan terakhir untuk fokus mengatasi kekurangan teknis itu. Ini menyangkut kredibilitas dan kepercayaan customer pada Kledo, harga mati!

Apa saja yang kami lakukan untuk mengatasi masalah teknis diatas?

  • Optimasi pemrosesan data
  • Setup tuning server database
  • Nightly Data Audit
  • Dll
Baca juga  Perjalanan Kledo Dari 0 Sampai 100 Customer

Optimasi pemrosesan data

Kami melakukan banyak, banyak sekali, optimasi pemrosesan belakang layar. Optimasi ini berhasil mengurangi load server dan mengurangi waktu pemrosesan data. Sehingga secara langsung berdampak pada berkurangnya secara signifikan outage server, mengurangi overload server, yang otomatis juga mengurangi ketidak-akuratan data dikarenakan server outage. Bonusnya adalah pengeluaran jadi lebih hemat, karena server jg jadi lebih hemat.

Setup tuning server database

Saat web server & backend server bisa lancar setelah di autoscale, problem ada di server database. Server database ini tidak bisa dibuat autoscale, sehingga beberapa kali outage terjadi pada server database. Karenanya secara continue dilakukan tuning untuk menemukan setup yang paling pas untuk masing-masing server DB. Saat ini, tuning ini berhasil mengurangi lebih dari 90% outage server DB.

Nightly data audit

Ketidak akuratan data sangat tidak diinginkan. Tapi hal itu tidak bisa dihindari 100%. Misalnya dikarenakan server mati mendadak, akan ada data yang tidak akurat. Atau dikarenakan ada proses deploy, dan ada data yang diproses ditengah berjalannya deploy, maka ada data yang kurang sesuai.
Meskipun jumlah kejadian selama ini sangat-sangat sedikit, tapi kami berkomitmen untuk memberikan rasa nyaman pada customer. Sehingga kami buat tools yang berjalan secara otomatis setiap malam, untuk mengaudit data, dan memastikan keseluruhan data telah akurat. Jika terjadi ketidak-akuratan data, maka akan dikirim alert ke developer, dan juga akan otomatis melakukan pembenaran data.

Hal Lain

Ada beberapa hal lain yang kami lakukan, tapi terlalu panjang untuk “men-njlentrek-kan” satu persatu. Intinya sebagian besar technical debt telah berhasil diatasi.

Statistik Jumlah Pelanggan Aktif Berbayar di Kledo

2. Solidkan Tim Reaksi Cepat

Tim customer support alias tim reaksi cepat kini jauh sangat solid.

Baca juga  Sebegitu Pentingnyakah NPS alias Net Promoter Score?

Tim customer support bertugas menjawab pertanyaan dari customer secepat mungkin. Jika periode sebelumnya target respon dikisaran 3 menit, saat ini masing-masing tim mempunyai target maksimal 1 menit response time-nya. Akan ada reward jika mencapai target. Dan so far, selalu mencapai target.
Jadi di jam-jam operasional, saat ada chat dari customer masuk, ada garansi dikisaran 1 menit sudah dijawab oleh tim reaksi cepat yang syuper ini.

3. Tambah Tim Superstar Sales

Ya, lead semakin banyak, perlu tenaga semakin banyak juga. Dan hanya dalam 3 bulan pertama sudah berhasil meningkatkan sekian puluh persen jumlah closing bulanan. Selain itu kami perbaiki juga sistem informasi lead nya, sehingga meskipun belum sebagus salesforce, tapi sangat-sangat membantu kelancaran operasional tim sales

4. Perkuat Tim Customer Success

Tim customer success ditambah dan dikuatkan lagi, fokus ke onboarding perusahaan customer supaya smooth dalam penggunaan Kledo di bisnis mereka. Namanya juga customer success, jadi tim fokus untuk membuat customer sukses dalam mendapatkan benefit dari Kledo.

5. Channel Baru Sumber Lead

Untuk mempercepat growth, apapun alasannya, mustahil terjadi jika lead yang masuk tidak ditambah. Karenanya kami eksperimen ke berbagai channel baru untuk mendapatkan lead baru. Dari berbagai sosial media, partnership, webinar, sampai offline event. Dan so far sudah nemu satu channel yang mendatangkan banyak closingan baru yang menjanjikan.

Statistik NPS Survey nya Kledo. Mau kejar growth segede apapun, tetap paling penting kepuasan pelanggan. Buktikan dengan NPS!

Apa yang perlu dilakukan berikutnya?

Ada buanyak yang terngiang dikepala, tapi mendingan buat bahan postingan berikutnya aja yah. Pertandingan bola nya dah selesai nih, saatnya pulang dan mampir ngopi 🙂

Kesimpulan

Dalam bisnis SaaS, semestinya semakin lama akan semakin cepat growth-nya. Jika stagnan, perlu dipertanyakan kembali, mau stay and fight, atau pivot. Semakin cepat bukan berarti semakin mudah, tapi semakin berat perjuangannya, never ending pokoke. GO GO GO!

Baca juga  Ini Pelajaran Penting yang Kledo Dapat untuk Mendapat 500 Customer Pertama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.