2 Tahun Kledo

Beberapa minggu yang lalu diskusi dengan Desi, tim content di kledo, ulang tahun kledo kapan nih official nya? Ternyata kami tak punya tanggal pasti kapan kledo berdiri. Dari diskusi kecil, diputuskan ulang tahunnya ditetapkan saat kledo dilaunching pertama kali, 1 april 2020.

Ada 4 pendaftar versi trial kledo ditanggal 1 april 2020 tersebut, dan satu nya adalah aku sendiri 😀

Flashback

Kledo diawali dari ambisi membuat software hotel cloud yang serba wah. Dibangun semenjak awal atau tengah tahun 2019, dan dilaunching akhir 2019. Setelah launching, kenyataan tak seindah bayangan. Tidak ada closing dalam sekian hari, sekian minggu.

Satu calon customer software hotel kledo hampir deal, dengan 1 syarat, kledo bisa menyediakan fitur software akuntansi di dalam software hotel. Sebagai sales, tentu aku bilang “BISA! Tunggu 1 bulan!”.

Aku putuskan untuk mendevelop software akuntansi untuk ditempel ke software hotel. Ternyata butuh 3 bulan untuk mendevelop versi MVP nya. Whatsapp terus berdering, ditagih calon-calon klien selama proses development software akuntansi.

Sambil menunggu develop software akuntansi, ternyata selama itu juga tak bisa menjual software hotel kledo. Bulan maret 2020 diputuskan pivot, dari software hotel, ke software akuntansi. Kita hapus semua repository kode yang telah kita bangun hampir 1 tahun ini.

Selama 2 minggu setelah diputuskan pivot, kami mengubah kledo.com dari jualan software hotel ke software akuntansi. Membuat form pendaftaran user baru. Membuat pricing baru. Membuat semua halaman fitur, dsb, dsb di website kledo.

Dan 1 April 2020, kami launching versi MVP software akuntansi kledo. Dan oh yeah, ternyata banyak yang mendaftar, trial siih 😀

So, itulah mengapa 1 April menjadi ulang tahun Kledo.

Diawal pandemi, kledo berawal juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.